Kepala sekolah SMPIT Cahaya Hati Raudhatul Jaannah, S. Pd meraih prestasi tingkat Nasional.
Raudhatul Jannah yang akrab disapa Rina itu meraih terbaik 1 Presentasi Berbagi Baik Praktek Mengajar Literasi Numernasi 2-4 Juni 2023 lalu di Jakarta.

Saat itu Rina mewakili Kota Bukittinggi. Kemudian, Rina juga meraih Best Practise 1 Program Organisasi Penggerak Ikatan Guru Indonesia tahun 2023 tingkat SMP se-Nasional mewakili Kota Bukittinggi.

“Dalam presentasi berbagi baik tersebut, kita menjelaskan tentang implementasi pengajaran literasi numerasi dan kearifan lokal. Kita juga mewakili wilayah Barat Indonesia atas nama Bukittinggi,” ujar Rina, baru-baru ini.

Selain kedua prestasi tersebut, Rina juga merupakan salah satu Fasilitator POP Ikatan Guru Indonesia daerah non sasaran nasional. Terkait pengembangan sekolah, ia menjelaskan pihak swasta/yayasan turut membersamai pendidikan di Bukittinggi.
la melakukan sejumlah program dan terobosan di SMP IT Cahaya Hati yang berlokasi di Lapau Batu Kelurahan Bukit Apit Puhun.

“Kita berupaya memberdayakan sekolah Islam Terpadu ini,melalui pembentukan skill dan karakter siswa. Siswa kita pernah diutus dalam Forum OSIS SMPIT se-Sumbar.

Kita memiliki program Qur’an di sekolah. Dua orang siswa kita sudah 30 juz. Tujuan kita adalah membersamai Al-Qur’an dengan nikmat. Kita terus berupaya bagaimana orang tua masih mau menyekolahkan anaknya di SMP IT Cahaya Hati, walaupun terletak di pinggiran kota.
Selain itu anak-anak diberikan kesempatan bertemu dengan dunia nyata, menyapa warga, mengurus diri secara mandiri bagi yang tidak menjadi santri Rumah Qur’an (boarding), karena mereka harus memakai jasa angkutan umum”, ungkap Raudhatul Jannah yang juga lulusan Pendidikan Bahasa Inggris UNP.

Menurutnya, guru-guru perlu bertransformasi sesuai gaya siswa. Mereka bisa belajar menghadapi tantangan zaman. “Bagaimana mereka bisa masuk ke dunia siswa. Kita punya program Bina Pribadi Islami di mana guru harus sama ruhnya dengan anak-anak. Ruhnya adalah Al-Quran.

Artinya, Guru dan siswa harus satu frekuensi,” jelasnya. SMP IT Cahaya Hati juga mengutamakan dan menerapkan nilai duniawi ukhrawi. Di mana adanya keseimbangan antara ilmu dunia dan ilmu agama di sekolah tersebut. Sekolah ini memiliki banyak prestasi bahkan prospek siswa nya tidak kalah dari siswa sekolah lain.
Diantaranya SMP IT Cahaya Hati pernah meraih juara 2 Ujian Sekolah berbasis Digital tingkat SMP.

“Kita terus memberikankan cahaya dalam hati orang- orang yang datang ke Cahaya Hati. Kita ingin anak-anak dapat menjawab tantangan zaman. Yang paling utama adalah ruh guru dalam mengajar serta bisa mendidik sepenuh hati.

Anak-anak diberikan dongeng- dongeng minang dan film Surau dan Silek terkait pembelajaran BAM. SMPIT Cahaya Hati juga memiliki program Guru Qur’an Bersanad (bersandar kepada Rasulullah SAW),” pungkas Raudhatul Jannah.

Berita disarikan dari Harian Umum Rakyat sumbar
(By:Edwar)

https://ashpen.org/campaign/pilih-rekening